SPE STT MIGAS SC GATHERING : Welcome Guys


SPE STT Migas Balikpapan Student Chapter mengadakan gathering pada hari Minggu, 27 April 2014 sebagai bentuk kegiatan senag-senang untuk melepaskan beban sejenak dari perkuliahan maupun organisasi serta menyambut adik-adik yang baru bergabung dengan SPE STT MIGAS Balikpapan Student Chapter pada Periode 2013/2014 untuk mendekatkan serta mengakrabkan satu sama lain, terlebih terhadap perbedaan angkatan. 

Peserta berkumpul di Kampus Gunung Pasir pada jam 7 pagi. Kemudian berangkat bersama menuju lokasi gathering di Lamin Etam Ambors, KM 28, Kutai Kartanegara dengan menggunakan Bis. 

Sesampainya di lokasi, acara dibuka oleh sambutan dari Presiden, Siti Maisarah Riana Putri, serta projek manajer, M. Mazari Al Hafiz. Acara diambil alih oleh pihak Lamin Etam, seluruh peserta diarahkan ke lokasi games untuk bermain namun tetap mendidik dan memiliki pesan moral.


Sebelum memainkan game, peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok yang berjumlah 6-7 orang, lalu tiap kelompok diwajibkan membuat yel-yel kebanggaan yang akan ditampilkan dalam waktu beberapa menit saja. Karena keterbatasan waktu hasilnya ada tim yang membuat yel-yel dengan garing dan ada pula yang lucu. Hal ini membuat peserta tertawa terbahak bahak dan keseruan pun dimulai.

Setelah yel-yel dilanjutkan dengan games. Game pertama yang di mainkan oleh peserta adalah Kudeta Raja, dimana peserta dibagi dalam 2 kelompok yang akan bertanding, perkelompok memiliki 1 raja yang harus dilindungi. Peserta hanya menggunakan bola untuk menjatuhkan raja, dengan cara melempar tepat mengenai orang tersebut. Nilai dari permainan ini adalah, menguji kekompakan serta strategi yang digunakan untuk menang.

Games selanjutnya adalah Pecah telor, sebuah game sederhana dimana tetap dengan tim yang sudah dibagi sebelumnya, disediakan 12 telur yang di 2 diantaranya adalah mentah yang harus di ambil dan dipecahkan di dahi. Ada yang beruntung namun ada pula yang apes dapat telur mentah sehingga pecah di dahi dan menjadi amis. Hal ini menimbulkan tawa oleh peserta. Nilai dari game ini adalah kita harus berani mengambil resiko, selama masi terukur dengan kemampuan kita.

Suasana masih pagi, semangat pun masi membara. dilanjutkan dengan game ketiga, Tarik Tambang Execitive. hampir sama dengan tarik tambang biasa, hanya saja cabangnya menjadi 3. sehingga tarik tambang menjadi seru. Nilai dari game ini adalah jelas siapa yang kuat pasti menang, namun siapa yang pandai melobi tim lain, pasti bisa menang. Karena mulai lelah, peserta diberikan istirahat setengah jam

Games selanjutnya adalah tangkap lele berhadiah, dimana peserta ditantang untuk menangkap lele dengan hadiah baju dari lamin etam, serta ditambah hasiah dari panitia. Peserta pun terpacu dan bersemangat dalam menangkap lele memunculkan riuh di dalam kolam, hingga akhirnya muncullah pemenang untuk games ini. 

Waktu sudah menunjukkan jam istirahat dan sholat sehingga peserta kembali ke tenda untuk segera beribadah dan makan siang. Sembari mengisi waktu luang, diadakan sharing session oleh kakak-kakak kepada adik-adik yang baru serta pengenalan kembali untuk lebih mengakrabkan antara pengurus lama dengan pengurus baru.

Masih tersisa satu game selepas waktu istirahat, yaitu lomba perahu, dimana terdapat 3 perahu yang masing-masing diisi oleh 3 orang. intinya adalah adu cepat dari garis start kembali ke garis start. dibutuhkan kekompakan antar anggota dalam perahu dalam mengayuh dayung. Tak sedikit dari perahu peserta yang tidak kompak sehingga perahu mengarah ke arah yang tidak diinginkan, namun ada juga yang berhasil.

Kelucuan terjadi ketika perahu salah satu peserta bertabrakan hingga tenggelam karena masuknya air kedalam perahu karena kayuhan dayung membawa air ke dalam perahu lawan.

Seluruh games untuk hari itu telah selesai dimainkan, hingga masuk kedalam free time. Peserta diajak untuk terapi ikan. Rasa geli pun terasa di kaki saat ikan-ikan mulai menjelahi kaki-kaki. Namun karena inilah semakin banyak peserta membaur sehingga memecahkan gap yang terjadi.

Acara terakhir dari gathering ini adalah prosesi kepada seluruh teman-teman baru yang bergabung di SPE. Mata mereka ditutup dan dibagi dalam beberapa kelompok yang diikat dengan tali. Mereka disuruh berjalan mengelilingi seluruh taman di Lamin Etam dengan berbagai rintangan kecil serta ditantang untuk menjawab seluh pertanyaan yang diberikan panitia kepada mereka, yang berhubungan dengan perminyakan. 

Hujan mulai turun namun tidak menyurutkan kegiatan ini. Mereka diarahkan ke dalam kolam kemudian berdiri disana serta dimandikan lumpur. Dilanjutkan dengan pembacaan ikrar kepada teman-teman baru sebagai bukti komitmen terhadap SPE STT MIGAS SC. Penutup mata peserta dibuka dan di umumkan penempatan mereka di SPE dan diakhiri dengan siram air senagai tanda telah diterima dengan resmi sebagai staff di SPE STT MIGAS SC. Selamat. 

Harapannya, semoga kalian bisa tetap berkomitmen dalam mengemban tugas di SPE STT MIGAS dan membawanya menjadi lebih baik.(AMR)



0 komentar:

Navigation Menu